Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Home |  Berita  | Peta Situs | English Version      

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Banner
Penerapan Pertanian Organik dalam Pengembangan KRPL
Berita
Kamis, 14 Juni 2012 10:08

M-KRPL bulukumbaPengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) merupakan salah satu program Kementerian Pertanian yang harus didukung dengan berbagai inovasi, agar tujuan dan sasaran program tersebut dapat tercapai secara optimal.

Karena itulah maka Badan Litbang Pertanian melalui Balai Pengakajian Teknologi Pertanian (BPTP) berupaya menciptakan dan menerapkan inovasi yang telah di hasilkan dalam pengembangan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) di Provinsi masing-masing.

Untuk Provinsi Sulawesi Selatan BPTP Sulawesi Selatan mengembangkan M-KRPL pada 15 Kabupaten, sebagai lokasi percontohan. Pada lokasi M-KRPL di 15 Kabupaten ini BPTP Sulawesi Selatan berupaya menerapkan prinsip-prinsipĀ  pertanian organik, sehingga menghasilkan sayuran dan buah organik yang dari segi kualitas dapat bersaing di pasaran.

Untuk mendukung hal tersebut, maka ketersediaan sarana yang di perlukan seperti pupuk organik dan pestisida organik di masing-masing lokasi M-KRPL, sesuatu yang mutlak.

Untuk itulah maka BPTP Sulawesi Selatan pada tgl 12 Juni 2012 melaksanakan kegiatan pelatihan pembuatan pupuk organik padat bertempat di lokasi M-KRPL Kab. Bulukumba yang berlokasi di kelompoktani binaan yaitu kelompok Wanitatani Bungungtammati di Desa Bukittinggi Kec. Gantarang Kab. Bulukumba. Bahan pembuatan pupuk organik yang digunakan adalah limbah pertanian dan sampah rumah tangga yang banyak tersedia di lokasi.

Hadir pada kesempatan tersebut para anggota Kelompok Wanitatani Bungungtammati sebanyak 30 orang, penyuluh pertanian setempat, Badan Ketahanan Pangan dan pelaksana penyuluhan pertanian Kab. Bulukumba serta peneliti dan penyuluh BPTP Sulawesi Selatan.

Pada kesempatan tersebut Kepala BPTP Sulawesi Selatan yang di wakili oleh Kasi KSPP mengharapkan kepada para peserta agar mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh dalam pelatihan ini di rumah masing-masing dan menularkannya kepada tetangga/anggota lain yang tidak sempat ikut dalam pelatihan ini.

Kepada pemerintah Kab. Bulukumba dalam hal ini Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pertanian diharapkan dapat melanjutkan pembinaan kegiatan KRPL ini dan mereplikasikannya ke Desa-Desa lain, sehingga KRPL ini lebih memasyarakat.

Penulis : Ir. Amirullah

Terakhir Diperbaharui pada Jumat, 15 Juni 2012 09:00
 

Joomla Templates by JoomlaVision.com