Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Home |  Berita  | Peta Situs | English Version      

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Berita
Jumat, 10 Agustus 2012 14:15

fotoTemu Lapang berlangsung tanggal 7 Agustus 2012 di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari peneliti dan penyuluh BPTP, Perusahaan PT Pupuk Kaltim, Pemerintah daerah khususnya Dinas Pertanian Kabupaten Jeneponto, Tokoh Masyarakat, Petani dan kelompok tani, serta pelaku usaha tani lainnya.

Kepala BPTP Sul-sel, Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si dalam sambutannya menyampaikan beberapa hasil penelitian yang telah di lakukan seperti aplikasi teknologi untuk varietas unggul bibit Bawang Merah, teknik budidaya dengan pemberian pupuk an organik, organik (pupuk hayati) yang ramah lingkungan. Pengendalian OPT secara terpadu untuk panen dan pasca panen yang tepat, sehingga diharapkan dapat menghasilkan dan meninghkatkan produktivitas dan pendapatan petani bawang merah.

Kepala Balai juga menjelaskan pentingnya model kemitraan dimana BPTP berperan sebagai lembaga transfer teknologi juga sekaligus mediator untuk mendekatkan petani bawang merah dengan pelaku usaha secara langsung.

Satu hal yang menarik, penambahan pupuk yang di kombinasi antara an organik dan pupuk organik mampu menghasilkan produksi 22 t/ha (Expert), 20 t/ha (Humic Acid) dibanding dengan cara petani hanya 14 t/ha (Urea + ZA).

Pada dasarnya BPTP Sul-sel akan secara konsisten memberikan panduan budidaya bawang merah yang baik atau good agricultural practices seperti pengelolaan secara terpadu dan pemanfaatan pupuk organik pengendalian hama yang ramah lingkungan, yang kesemuanya agar produk yang di hasilkan aman di konsumsi dan ramah lingkungan.

Penulis : Warda Halil

Terakhir Diperbaharui pada Senin, 13 Agustus 2012 09:50
 

Joomla Templates by JoomlaVision.com